Search

Kanada Berencana Larang Peredaran 11 Jenis Senjata - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Kanada berencana mengumumkan akan melarang 11 macam senapan serbu dan jenis senjata lainnya, termasuk yang digunakan dalam penembakan massal dua pekan lalu yang menewaskan 22 orang di Nova Scotia, Kanada.

Dikutip dari reuters.com, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah menjanjikan akan melakukan pengetatan peredaran senjata menyusul naiknya tingkat kejahatan menggunakan senjata. Sumber di Pemerintah Kanada mengatakan kebijakan baru sudah dibahas dalam beberapa bulan terakhir sehingga tidak secara langsung menyasar peristiwa penembakan yang terjadi pada awal bulan lalu.     

Dalam peristiwa penembakan di Nova Scotia itu, sembilan aparat kepolisian ikut menjadi korban tewas. Pelaku penembakan tewas saat dilumpuhkan oleh polisi.

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) memantau Portapique Beach Road, ketika sebuah mobil pemadam kebakaran melintasinya setelah mencari Gabriel Wortman, pelaku penembakan massal di Portapique, Nova Scotia, Kanada 19 April 2020. [REUTERS / John Morris]

Aturan soal senjata ini akan lebih ketat dibanding undang-undang pengendalian senjata yang ada di Amerika Serikat. Sumber yang tak mau dipublikasi identitasnya mengatakan aturan pengetatan senjata oleh Kanada kemungkinan akan diumumkan pada Jumat, 1 Mei 2020.

“Kami sudah lama membahas pengetatan senjata di negara ini, termasuk melarang senapan model militer. Kanada tak membutuhkan senjata yang dirancang untuk membunuh orang dalam waktu singkat,” kata Trudeau, Kamis, 30 April 2020.

Media di Kanada Canadian Broadcasting Corp pertama kali mewartakan rencana Pemerintah Kanada memperketat aturan soal senjata dengan melarang peredaran 11 jenis senapan dan senjata. Juru bicara Kementerian Keamanan Publik Bill Blair, masih menolak berkomentar soal ini.

Di antara senjata yang akan dilarang adalah AR-15, yakni jenis senjata yang digunakan seorang pelaku penembakan hingga menewaskan 26 orang dewasa dan anak-anak pada 2012 di Sandy Hook, Amerika Serikat. Jenis senjata lainnya yang dilarang adalah senapan M4, M14, dan M16.             

Masuk juga dalam daftar larangan, ruger mini-14, dimana senjata jenis ini pada 1989 digunakan melakukan pembunuhan massal di Montreal. Dalam kejadian ini, 14 perempuan menjadi korban tewas.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
May 01, 2020 at 12:00PM
https://ift.tt/2WmXF5E

Kanada Berencana Larang Peredaran 11 Jenis Senjata - Tempo
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kanada Berencana Larang Peredaran 11 Jenis Senjata - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.