Search

Baju Kurung Diprediksi Bakal Populer, Yuk Kenali Jenis Busana Melayu yang Dikenakan Iriana Jokowi - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Iriana tampil anggun mengenakan baju kurung ketika pelantikan sang suami, Joko Widodo sebagai Presiden RI 2019-2024.

Penampilan cantik Iriana saat pelantikan presiden tak lepas dari pilihan busana perempuan berusia 56 tahun tersebut.

Pilihan busana ibu negara berbeda dengan pilihan 5 tahun lalu ketika pelantikan Jokowi sebagai presiden periode pertama.

Kala itu, Iriana memakai kebaya kutu baru yang membuat penampilan sederhananya dipuji publik.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kunjungan kehormatan Raja Eswatini, Y.M. Raja Mswati III beserta Ny. Siphelele Mashwama di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Warta Kota/Alex Subani. Warta Kota/Alex Suban
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kunjungan kehormatan Raja Eswatini, Y.M. Raja Mswati III beserta Ny. Siphelele Mashwama di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Warta Kota/Alex Subani. Warta Kota/Alex Suban (Wartakota/Alex Suban)

Desainer Indonesia Didiet Maulana pun menyebut Ibu Negara bakal membuat baju kurung kian populer di masyarakat Indonesia.

Hassan (2016) dalam penelitiannya, menyebut baju kurung adalah jenis pakaian tradisional yang digunakan oleh keturunan Melayu di Nusantara.

Baju kurung disebut menjadi pakaian tradisional di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jambi, Riau dan Padang.

Dijelaskan oleh Didiet, baju kurung adalah khas Sumatera dengan ciri bukaan belakang.

Salah satu daerah di Indonesia yang disebut Didiet erat dengan baju kurung adalah Padang, yang juga adalah etnis Minang.

Di daerah tersebut, orang biasa mengenal sebagai baju kurung Basiba.

Ibu Negara Iriana bersama Mufidah dan Wury tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)
Ibu Negara Iriana bersama Mufidah dan Wury tiba sebelum acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019) (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
October 21, 2019 at 06:14AM
https://ift.tt/2BrTkDV

Baju Kurung Diprediksi Bakal Populer, Yuk Kenali Jenis Busana Melayu yang Dikenakan Iriana Jokowi - Tribunnews
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baju Kurung Diprediksi Bakal Populer, Yuk Kenali Jenis Busana Melayu yang Dikenakan Iriana Jokowi - Tribunnews"

Post a Comment


Powered by Blogger.