Search

Inilah Jenis-jenis Kabel Jaringan yang #KAMUHARUSTAU - Indozone.id

INDOZONE.ID - Dalam sebuah jaringan komputer, pasti tidak akan lepas dari namanya kabel jaringan. Pasalnya kabel jaringan tersebut sangat dibutuhkan untuk menghubungkan antara satu perangkat jaringan dengan perangkat lainnya.

Namun ternyata terdapat beberapa jenis kabel jaringan yang tersedia saat ini. Masing-masing memiliki keunggulan dan juga kelemahan masing-masing. Berikut adalah jenis-jenis kabel jaringan yang #KAMUHARUSTAU:

1. Twisted-pair Cable

Twisted-pair Cable adalah salah satu jenis kabel jaringan yang terbuat dari bahan dasar tembaga. Kabel jenis ini paling banyak digunakan saat ini karena dijual dengan harga yang cukup murah.

Diketahui bahwa Twisted-pair Cable sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu Unshield Twisted-pair (UTP) dan juga Shielded Twisted-pair (STP). Kelemahan dari kabel Twisted-pair adalah tidak terlalu awet serta kurang cepat jika dibandingkan dengan kabel jaringan yang lebih modern.


2. Coaxial Cable

Coaxial Cable adalah salah satu jenis kabel jaringan yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel jenis ini memiliki inti kawat padat yang diberikan sekat kemudian dililit lagi oleh kawat berselaput konduktor.

Kabel Coaxial sendiri sangat mirip dengan kabel antena televisi namun berbeda dalam hal fungsi. Selain itu kabel Coaxial juga memiliki keunggulan yaitu lebih tahan lama dan dapat ditimbun di dalam tanah.


3. Fiber Optic Cable

Kabel fiber optik adalah salah satu jenis kabel yang paling modern saat ini. Kabel jenis ini memanfaatkan cahaya untuk menghantar sinyal. Tidak seperti kabel tembaga yang memberikan sinyal elektronik.

Selain itu kabel fiber optik juga tidak akan berpengaruh terhadap elektromagnet sehingga dapat digunakan di kawasan dengan tingkat elektromagnet yang tinggi serta jarak yang cukup jauh.

Kemudian kecepatan dari kabel fiber optik ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kabel jaringan lainnya. Hanya saja saat ini kabel fiber optik masih cukup dijual dengan harga yang mahal.

Artikel Menarik Lainnya:

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
December 11, 2019 at 08:20PM
https://ift.tt/2RJyIjN

Inilah Jenis-jenis Kabel Jaringan yang #KAMUHARUSTAU - Indozone.id
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inilah Jenis-jenis Kabel Jaringan yang #KAMUHARUSTAU - Indozone.id"

Post a Comment


Powered by Blogger.