Search

Jenis-jenis Teh Ini Dapat Meredakan Rasa Mual | Kesehatan - Gatra

New York, Gatra.com - Mual menimbulkan ketidaknyamanan perut, sehingga membuat kita merasa ingin muntah. Terkadang memunculkan nyeri pada dada, perut bagian atas atau belakang tenggorokan.

Kondisi gangguan pencernaan, kehamilan, virus, atau bau yang tidak sedap biasanya memicu mual. Namun, lembaga medis belum menemukan alasan penyebabnya.

Untungnya, ada beberapa cara yang terbukti efektif meredakan mual. Salah satunya, menyeruput secangkir teh panas untuk mengatasi ketidaknyamanan di perut.

Berikut adalah beberapa teh mual terbaik dan mudah ditemukan yang dilansir dari Medical Daily, Jumat (6/12).

1. Teh Jahe

Tinjauan dari sembilan studi menunjukkan,  jahe dapat membantu meringankan mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi, obat-obatan tertentu, dan pembedahan.

Penelitian lain mendukung temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang yang menjalani kemoterapi dapat mengobati mual dengan mengambil 0,5-1 gram ekstrak jahe.

2. Teh Lemon Madu

Biasanya, kita menikmati teh lemon madu karena rasanya yang menyegarkan. Namun, ada penelitian menemukan aroma lemon dapat membantu meredakan mual.

Dalam sebuah percobaan dengan 100 wanita hamil, aroma minyak esensial lemon membantu mengurangi mual dan muntah pada sebagian besar partisipan. Madu yang ditambahkan, mampu menyeimbangkan bau asam lemon dan melawan bakteri penyebab mual.

3. Teh Adas

Ramuan aromatik ini telah lama digunakan sebagai obat alami pada berbagai kondisi, seperti sakit perut, diare dan sembelit.

Salah satu penelitian menghasilkan, teh adas bisa membantu wanita menghindari mual sebelum menstruasi. Studi lain menunjukkan, minum 1 cangkir atau 240 ml teh adas per hari dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, pemulihan usus, dan keteraturan usus setelah operasi.

4. Teh Chamomile

Para peneliti sebelumnya menemukan dalam studi dengan 105 wanita yang mengonsumsi ekstrak chamomile. Ini lebih efektif daripada jahe, khususnya untuk mengurangi mual dan muntah yang disebabkan kehamilan.

Sebuah studi terpisah menunjukkan, wanita yang menjalani kemoterapi mengurangi frekuensi muntah dengan mengambil 500 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama empat bulan.

5. Teh Licorice

Licorice dikenal sebagai obat tradisional untuk gangguan pencernaan. Penelitian menunjukkan, minum 75 mg ekstrak licorice, dua kali sehari dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sakit perut dan kembung.

Apabila mual menetap lebih dari beberapa hari atau jika ada kemungkinan hamil, penting untuk memeriksakan diri ke dokter. Mual bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.


Reporter: Ryan Sara Pratiwi
Editor: Annisa Setya Hutami


Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
December 06, 2019 at 10:19PM
https://ift.tt/2YqnYIp

Jenis-jenis Teh Ini Dapat Meredakan Rasa Mual | Kesehatan - Gatra
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis-jenis Teh Ini Dapat Meredakan Rasa Mual | Kesehatan - Gatra"

Post a Comment


Powered by Blogger.