Search

303 Jenis Kuliner di Jabar Belum Jadi Destinasi Wisata, Begini Kata Pakar Gastronomi UPI - Tribun Jabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemprov Jabar harus memperhatikan wisata gastronomi atau kuliner jika serius ingin menjadi Jawa Barat sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Pendiri Pusat Belajar Warisan Budaya kuliner Sunda (PBWBGS) yang juga Akademisi Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dewi Turgarini.

Ia mengatakan bahwa wisata kuliner juga dapat meningkatkan ekonomi daerah.

Dewi mengatakan, kondisi pariwisata di Jabar dinilai sudah lebih baik dibandingkan wilayah lainnya terutama pada bidang kuliner.

Menurut penelitiannya, ada 303 jenis makanan belum terpetakan sebagai tujuan khusus wisata kuliner.

"Dan yang paling menarik dari penelitian saya adalah dari sudut makanan dan minumannya atau kuliner yang berdasarkan temuan di Jabar ada 303 lebih jenis makanan yang belum di petakan sebagai destinasi khusus bagian kuliner," kata Dewi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) , Selasa, (5/11/209).

3 Minuman Hangat Tradisional di Kota Bandung Ini Cocok untuk Dinikmati Saat Dingin karena Hujan

Pemuda 17 Tahun Tewas Terserang Stroke Setelah Bermain Game Semalaman

Pakar Gastronomi dari UPI, Dewi Turgarini
Pakar Gastronomi dari UPI, Dewi Turgarini (ISTIMEWA)

Dewi yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Manajemen Katering UPI juga menjelaskan bahwa sektor pariwisata di Jabar kini menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi sebanyak 70 persen.

Menurutnya, potensi wisata kuliner harus lebih ditingkatkan lagi.

Meski potensi wisata kuliner cukup besar, kata Dewi, belum ada peta wisata dan paket khusus wisata kuliner Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, hal ini yang harus menjadi perhatian Pemprov Jabar.

"Berdasarkan penelitian, dari jenis, kalau mungkin dari tipe makanan kemudian juga kudapan, minuman segar, dan juga minuman panas di Jawa Barat itu sangat banyak sebetulnya, hanya memang masih belum dibuat secara spasial dan belum di buat paket wisata khusus kuliner Jawa Barat yang memang perlu diperhatikan," katanya.

Meski begitu, ia melihat bahwa saat ini pemerintah daerah sudah mulai menganggap serius potensi kuliner untuk menghidupkan pariwisata di Jawa Barat.

Hal itu dilihat banyaknya festival kuliner yang dibuat pemerintah daerah serta telah ada deklarasi bahwa Pemprov Jabar akan mefasilitasi event wisata kuliner.

"Provinsi Jawa Barat sudah berusaha betul untuk mengangkat potensi wisata kuliner dengan Festival festival yang hampir setiap minggu ada dan yang perlu di perhatikan adalah, bagaimana festival festival tersebut bisa naik brandingnya ke level internasional," katanya.

Rujak Batagor Kamala Jadikan Media Sosial Sebagai Etalase Penjualan

Buka Bekasem, Tradisi Memasak Kuliner Khas Muludan di Keraton Kasepuhan

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
November 06, 2019 at 09:30PM
https://ift.tt/33npCfF

303 Jenis Kuliner di Jabar Belum Jadi Destinasi Wisata, Begini Kata Pakar Gastronomi UPI - Tribun Jabar
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "303 Jenis Kuliner di Jabar Belum Jadi Destinasi Wisata, Begini Kata Pakar Gastronomi UPI - Tribun Jabar"

Post a Comment


Powered by Blogger.