Search

Kenali Jenis-jenis Stretch Mark dan Cara Mengatasinya! - Sinar harapan

JAKARTA – Setelah mengalami penurunan berat badan atau pasca-melahirkan, stretch mark merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum terjadi terutama pada wanita. Banyak yang tidak suka akan hal seperti ini, selain dapat menurunkan rasa percaya diri, stretch mark kadang terasa sakit.

Ada dua jenis stretch mark, yakni stretch mark merah dan stretch mark putih. Stretch mark merah merupakan tanda bahwa stretch mark Anda masih baru dan biasanya berbentuk semacam parut yang melewati pembuluh darah, itulah mengapa warnanya merah. Di sisi lain, stretch mark putih menandakan bahwa gangguan ini sudah terlalu lama pada tubuh Anda yang biasanya terjadi akibat bekas luka.

Stretch mark putih biasanya terjadi sudah terlalu lama sehingga untuk menghilangkannya tidak dapat diobati dengan krim, lotion ataupun bahan alami lainnya. Tindakan medis oleh dokter seperti microdermabrasion ataupun eximer laser merupakan dua cara yang cukup efektif untuk menyamarkan jenis stretch mark ini. Namun, hal ini tidak dapat menghilangkan stretch mark 100%.

Stretch mark merah dapat dihilangkan secara cepat dengan mengembalikan kolagen melalui cara efektif menggunakan krim tropikal, lotion, atau laser seperti ‘pulsed dye’ untuk memperbaharui sel dan memudarkan bekas luka. Selain itu, stretch mark yang satu ini juga dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut.

1. Lidah buaya dan alpukat dengan kandungan vitamin C dan E

Lidah buaya dan alpukat merupakan salah satu cara alami yang mampu menghilangkan stretch mark yang merah. Lidah buaya mengandung anti-mikroba dan anti peradangan yang bisa menyembuhkan luka pada stretch mark merah secara efektif sedangkan alpukat memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat membantu mengencangkan kulit dan akhirnya mengurangi munculnya stretch mark pada tubuh. Untuk mengaplikasikannya, siapkan bahan-bahan berupa dua sendok gel lidah buaya, satu sendok makan daging alpukat, serta satu sendok minyak zaitun.

Haluskan daging alpukat hingga benar-benar kemudian campurkan gel lidah buaya, minyak zaitun di dalam satu wadah, aduk hingga merata lalu balurkan campuran ini ke area kulit tubuh dengan stretch mark. Diamkan hingga 30 menit. Bilas bersih dengan air hangat, lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu seminggu. Hasilnya akan terlihat setelah tiga hingga empat minggu setelah pemakaian.

2. Olahan kentang rebus kaya anti-oksidan

Kandungan mineral pada kentang berfungsi sebagai antibiotik yang alami untuk regenerasi kulit. Selain itu, kentang juga memilik kandungan aAntioksidan yang dapat menghilangkan stretch mark dengan alami. Untuk melakukannya, siapkan beberapa buah kentang, cuci hingga bersih lalu rebus. Setelah direbus tumbuk halus kentang, tambahkan dua sendok makan susu bubuk kemudian haduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada stretch mark, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Perasan jeruk lemon menangkal radikal bebas di kulit

Kaya akan vitamin C membuat lemon berguna sebagai antioksidan. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam kulit. Untuk menggunakannya, siapkan secukupnya buah lemon, peras lemon dan oleskan pada bagian yang terdapat stretch mark agar proses regenerasi kulit terpicu dan stretch mark cepat hilang.

4. Minyak zaitun bantu jaga kadar air dalam kulit

Linoleic Acid adalah kandungan zat yang ada di dalam minyak zaitu yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit. Selain itu, minyak zaitu juga mengandung polifenol sebagai antioksidan yang membantu meregenerasi kulit yang rusak. Caranya, siapkan 1 sendok makan minyak zaitun dan madu, campurkan di dalam wadah dan aduk mingga merata. Oleskan pada stretch mark, tunggu hingga beberapa menit kemudian bilas dengan air biasa.

5. Cocoa butter yang melembutkan dan melembabkan

Kandungan zat alami yang ada didalam cocoa butter seperti kalsium, poltasium, seng, mangan, besi, serontonin, dan tritopan terbukti baik untuk menghilangkan stretch mark secara alami dan mudah. Selain itu cocoa butter juga memiliki kandungan vitamin E yang mampu melembabkan, melembutkan serta menangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada kulit sehari dua kali. (M-1/E-4)

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
November 24, 2019 at 12:47AM
https://ift.tt/2D75Ido

Kenali Jenis-jenis Stretch Mark dan Cara Mengatasinya! - Sinar harapan
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Jenis-jenis Stretch Mark dan Cara Mengatasinya! - Sinar harapan"

Post a Comment


Powered by Blogger.