Search

Festival Batu Mulia akan Tampilkan 1.500 Lebih Jenis Batu di Banda Aceh, Ini Jadwal dan Lokasinya - Serambinews.com

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Festival Batu Mulia di Gedung Taman Seni dan Budaya Aceh, Banda Aceh mulai 9-12 November 2019.

Hingga Selasa (5/11/2019) sudah ada beberapa provinsi yang sudah konfirmasi untuk mengikuti festival tersebut dan diperkirakan akan ada 1.500 lebih batu yang akan dikonteskan dari seluruh Indonesia.

"Beberapa provinsi yang sudah konfirmasi untuk mengikuti Festival Batu Mulia ini, yaitu dari Jakarta, Banten, Lampung, Padang, Batam, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, dan provinsi lainnya yang masih dalam konfirmasi," kata Ketua Panitia Pelaksana Festival Batu Mulia, Nasrul Sufi kepada Serambinews.com, Selasa (5/11/2019).

Setelah 6 Tahun Menikah, Wanita Ini Baru Menyadari Bahwa Suaminya Penyuka Sesama Jenis

Ia menyebutkan dari Aceh akan menampilkan batu jenis Idocrase, di Indonesia batu itu hanya ada di Aceh sementara daerah lain tidak ada jenis batu tersebut.

Idocrase terbagi atas solar, biosolar, lumut, dan polos, serta masih banyak jenis lainnya seperti batu akik, antaranya sulaiman, teratai, dan pancawarna.

Dalam festival ini, pihaknya juga menghadirkan dewan juri yang sudah ahli dibidangnya untuk menilai batu-batu tersebut, yaitu dari Jakarta, Jawa Tengah, Medan, dan Banda Aceh.

Hendri Keuchik Termuda di Aceh Singkil, Usianya Baru 26 Tahun, Ini Program Kerjanya

Diantara yang menjadi penilaian dewan juri adalah kejernihan batu, kehalusan, tidak ada cacat pada batu tersebut, dan apabila ada gambar pada batu itu maka gambarnya terlihat jelas.

"Misal menunjukkan buah mangga, maka buah mangga itu ada tangkainya. Penilaian yang paling banyak itu ada di batunya, bukan di cincin atau gagangnya, itu nilainya sangat sedikit," sebut Nasrul yang menambahkan saat ini persiapan untuk Festival Batu Mulia itu sudah mencapai 90 persen.

Pihaknya juga menyediakan hadiah berupa uang pembinaan dengan total Rp 35 juta.

Juara I mendapatkan Rp 20 juta, juara II Rp 10 juta, dan juara III Rp 5 juta, serta hadiah menarik lainnya.

"Kita mengajak seluruh kolektor batu permata dan batu akik diseluruh Indonesia untuk meramaikan dan memboomingkan kembali batu-batu terbaik yang ada di Indonesia dan Aceh sehingga menambah nilai jual beli," kata Nasrul Sufi. (*)

Ariful Azmi dari Aceh akan Hadiri Pertemuan Pemuda Internasional di Turki, Ini Agendanya

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
November 05, 2019 at 09:03PM
https://ift.tt/34Cpw4d

Festival Batu Mulia akan Tampilkan 1.500 Lebih Jenis Batu di Banda Aceh, Ini Jadwal dan Lokasinya - Serambinews.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Festival Batu Mulia akan Tampilkan 1.500 Lebih Jenis Batu di Banda Aceh, Ini Jadwal dan Lokasinya - Serambinews.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.