Search

Heboh Septic Tank Meledak di Cakung, Kenali Jenis-jenisnya - detikHealth

Jakarta - Di daerah Cakung, Jakarta Timur, diberitakan seorang petugas sedot WC meninggal dunia ketika septic tank yang ditanganinya meledak. Petugas berinisial SI tersebut diketahui membakar koran di lubang septic tank untuk membuktikan tidak ada gas tersisa.

Menurut beberapa ahli menyulut api untuk mengecek keberadaan gas di septic tank adalah cara keliru. Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani, menyebut sudah saatnya pemerintah lewat dinas terkait kembali mensosialisasikan pemahaman tentang septic tank kepada warga.

"Mungkin ini saat yang baik bagi dinas terkait untuk mensosialisasikan kembali soal septic tank. Tiap rumah tangga tidak boleh tergantung, misalnya tergantung pengembang. Bahkan ada rumah tangga yang tidak tahu letak septic tanknya," ujar Neni.

Terkait hal tersebut, tahukah kamu septic tank bisa ada beberapa jenis. Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut contohnya:

1. Septic tank konvensional

Septic tank ini yang biasa digunakan oleh rumah tangga terdiri dari dua kompartemen. Ruangan pertama berfungsi sebagai ruang pembusukan limbah dan tangki kedua sebagai tempat pengendapan lumpur yang tersisa.

2. Septic tank biofilter

Septic tank ini dijelaskan oleh ahli kesehatan lingkungan sekaligus konsultan pengolahan limbah Abie Wiwoho terdiri atas empat kompartemen. Dua kompartemen pertama sama seperti yang ada di septic tank konvensional ditambah dua kompartemen tambahan berisi media yang berfungsi sebagai filter.

Dengan septic tank ini limbah yang dihasilkan bisa lebih jernih karena proses penguraian oleh bakteri dan saringan.


Klik/tap 'next' untuk lanjut.

Simak Video "Rasa Ingin Bunuh Diri Bisa Dicegah!"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
November 07, 2019 at 06:01AM
https://ift.tt/2oVwPor

Heboh Septic Tank Meledak di Cakung, Kenali Jenis-jenisnya - detikHealth
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Heboh Septic Tank Meledak di Cakung, Kenali Jenis-jenisnya - detikHealth"

Post a Comment


Powered by Blogger.