Search

Baterai HP Jenis Baru Bisa Tahan Hingga Lima Hari - detikInet

Jakarta - Ponsel saat ini mungkin semakin canggih, tapi teknologi baterai yang digunakan masih begitu-begitu saja. Tidak peduli secanggih apa sistem operasi dan hardware lainnya kalian pasti masih harus mengisi ulang baterai ponsel minimal sehari sekali.

Tapi jangan khawatir, peneliti dari Monash University, Australia mungkin sudah menemukan solusinya. Dilansir detikINET dari Fast Company, Senin (13/1/2020) peneliti berhasil menemukan baterai lithium-sulfur (Li-S) yang bisa mentenagai ponsel hingga lima hari berturut-turut dalam sekali pengisian.

Saat ini, hampir semua ponsel pintar yang ada di pasaran menggunakan baterai lithium-ion. Walau bisa diisi ulang dengan mudah, baterai jenis ini hanya bisa menyimpan jumlah energi yang terbatas.

Para peneliti menemukan bahwa baterai lithium-sulfur bisa menyimpan tenaga dengan kapasitas lebih besar. Selain itu, sulfur juga memungkinkan kapasitas pengisian yang lebih besar dan komponen pembuatan baterai ini lebih murah dibanding komponen yang digunakan di baterai lithium-ion.

Tapi, hingga saat ini baterai lithium-sulfur memiliki beberapa masalah. Salah satunya adalah performa baterai yang terus menurun seiring pengisian baterai yang berulang-ulang.

Tapi, peneliti dari Monash University berhasil mengembangkan baterai tanpa masalah tersebut. Baterai lithium-sulfur ciptaan mereka bisa mempertahankan level efisiensi hingga 99% walau telah diisi ulang hingga 200 kali.

Saat ini para peneliti sedang dalam proses untuk komersialisasi teknologi baterai tersebut. Beberapa pabrik baterai lithium di China dan Eropa mengaku sudah tertarik untuk mengembangkan dan memproduksi bateri lithium-sulfur ini.

Simak Video "IDC Pesimistis Ponsel Lokal Bisa Bersaing di Pasaran Saat Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
January 13, 2020 at 07:10PM
https://ift.tt/30gfbd6

Baterai HP Jenis Baru Bisa Tahan Hingga Lima Hari - detikInet
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Baterai HP Jenis Baru Bisa Tahan Hingga Lima Hari - detikInet"

Post a Comment


Powered by Blogger.