Search

Waspada! Jenis SMS Ini Bisa Bobol Smartphone dan Curi Data - Suara.com

Suara.com - Baru-baru ini, beredar himbauan bagi pengguna perangkat untuk berhati-hati saat menerima spam dalam bentuk SMS. Pasalnya, SMS spam tersebut dapat membobol smartphone dan mencuri data pengguna.

Waspada terhadap SMS spam yang berbahaya ini disampaikan oleh akun Twitter @safenetvoice dalam sebuah utas yang dibuatnya pada 28 Januari.

SMS spam yang menganggu ini disebut Chat-V dan cukup berbahaya bagi pengguna jika mengkliknya. Biasanya, SMS spam Chat-V ini berisi ajakan untuk mengunduh aplikasi tertentu.

Pada umumnya, SMS spam ini datang dari nomor telepon dan operator yang berbeda-beda pula.

Secara konten SMS, isi pesan spam ini biasanya memiliki format yang sama yaitu menyapa nama pengguna serta melampirkan sebuah link Chat-V.

Saat dilakukan penelitian, terungkap bahwa link ini merujuk pada lima aplikasi APK yang sangat tidak disarankan untuk diunduh. Deretan aplikasi ini masuk ke dalam kategori merah menurut Symantec Mobile Insight.

Karena tidak disarankan, aplikasi ini terdeteksi sebagai AppRisk yang dapat menimbulkan risiko pada privasi, keamanan, dan gangguan stabilitas pengguna smartphone.

Waspadai SMS Spam. [Twitter]
Waspadai SMS Spam. [Twitter]

Pemilik akun @safenetvoice juga menemukan perintah linux "su" yang biasanya digunakan untuk mengubah pengguna yang baru saja melakukan login. Upaya kejahatan siber ini merujuk pada pengubah super user yang dapat melakukan root.

Mengenai bagaimana spam Chat-V dapat mengetahui nama pengguna smartphone, pemilik akun mengatakan bahwa hal ini bisa terjadi karena akses daftar kontak di perangkat sebelumnya yang sudah terinjeksi. Karenanya, sangat disarankan bagi pengguna smartphone untuk tidak membuka link yang dikirim oleh Chat-V.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
January 30, 2020 at 01:45PM
https://ift.tt/36GL93M

Waspada! Jenis SMS Ini Bisa Bobol Smartphone dan Curi Data - Suara.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waspada! Jenis SMS Ini Bisa Bobol Smartphone dan Curi Data - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.