Search

Mengenal Jenis-Jenis Grinder Biji Kopi - Merah Putih

BELAKANGAN ini manual brew menjadi salah satu cara menyeduh kopi yang diminati banyak kalangan, khususnya para millennial. Mereka berpendapat jika teknik tersebut merupakan salah satu cara orisinil dalam meracik dan menikmati kopi.

Manual brew adalah salah satu alat penting yang berfungsi untuk menjaga cita rasa kopi. Ia digunakan untuk menghaluskan biji kopi dengan grinder. Secara harfiah, grinder adalah penghalus biji kopi. Ukuran kehalusan bubuk kopi, bisa diatur dengan alat tersebut.

Baca juga:

Intip Keistimewaan Kopi Termahal Dunia

Namun, ada beberapa jenis grinder yang tidak bisa mengatur secara otomatis, alias manual. Nah, buat kamu yang belum tahu ada apa saja jenis-jenis grinder di dunia perkopian, silakan simak bahasan kali ini.

1. Grinder Kopi Manual

Memakan waktu cukup lama (Foto: Pixabay/suju)
Memakan waktu cukup lama (Foto: Pixabay/suju)


Grinder jenis ini merupakan salah satu jenis grinder yang paling sering digunakan oleh para barista maupun orang awam. Manual grinder ini adalah salah satu penghalus biji kopi yang direkomendasikan untuk belajar menyesap cita rasa kopi yang orisinal.

Rata-rata, manual grinder hanya mampu menyediakan 2-3 cangkir kopi paling banyak. Di banyak kafe besar, para barista yang akan menyeduh kopi, biasanya tidak memakai grinder jenis ini karena memakan waktu terlalu lama.

Secara desain, manual grinder ini sudah banyak jenisnya dipasaran. Banyak orang suka dengan manual grinder karena bergaya vintage. Terdapat kotak kayu, dengan besi engkolan untuk menggiling.

Baca juga:

Kopi Mempercantik Rambut

2. Burr Grinder

Terkenal dengan harganya yang mahal (Foto: caffeineonline)
Terkenal dengan harganya yang mahal (Foto: caffeineonline)


Merupakan jenis penggiling biji kopi yang mekanismenya memakai roda bergigi atau disebut juga sebagai mortar. Iamerupakan alat utama untuk menghaluskan biji kopi. Dengan mortar sebagai bahan penggiling utamanya, para barista paham jika grinder jenis ini bisa mengatur konsistensi ukuran bubuk kopi secara presisi.

Burr grinder memudahkan menyeduh kopi yang mempunyai cita rasa tinggi. Tapi kelemahan grinder jenis ini adalah harganya yang mahal. Orang akan berpikir dua kali untuk meminangnya. Meski demikian, grinder ini dapat diandalkan untuk menghasilkan kopi berkualitas.

3. Blade Grinder

Media pisau digunakan sebagai penggiling utama (Foto: coffeedowntown)
Media pisau digunakan sebagai penggiling utama (Foto: coffeedowntown)


Menggunakan pisau sebagai penggiling utamanya. Blade Grinder memiliki kehebatan yaitu dapat membuat biji kopi sehalus mungkin. Terdapat dua jenis yang banyak di pasaran. Pertama adalah mata pisau lurus dan kedua mata pisau yang melingkar.

Dilihat dari kemampuannya, blade grinder dapat menghaluskan biji kopi dengan maksimal dan ternyata dapat mempengaruhi konsistensi rasa kopi tersebut. Blade grinder mempunyai harga yang lebih bersahabat dibandingkan dengan burr grinder. (lgi)

Baca juga:

Ternyata Air Juga Mempengaruhi Rasa Kopi

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
January 29, 2020 at 09:31PM
https://ift.tt/38PQiIw

Mengenal Jenis-Jenis Grinder Biji Kopi - Merah Putih
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Grinder Biji Kopi - Merah Putih"

Post a Comment


Powered by Blogger.