Search

Bisa Tiba-tiba Senang atau Sedih Sekali, Ini Jenis Bipolar yang Perlu Diketahui - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Bipolar. Pengusaha dan influencer Medina Zein mengaku didiagnosis mengalami salah satu gangguan kesehatan mental, bipolar, sejak 2016.

Medina menyatakan, obat mengandung amfetamin yang dikonsumsinya adalah obat untuk bipolar yang didapatkan dari dokternya.

Pengakuan ini disampaikan Medina setelah dibebaskan oleh Polda Metro Jaya. Ia sempat diamankan dan ditahan karena dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis amfetamin. 

Medina menyebut bahwa ia mengidap bipolar karena faktor genetik.

Apa itu bipolar?

Bipolar merupakan suatu masalah kesehatan jiwa yang menyebabkan seseorang mengalami perubahan ektrem pada mood, energi, aktivitas, dan kemampuannya dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Medina Zein Mengaku Bipolar, Apa Itu Bipolar, dan Bagaimana Gejalanya?

Melansir laman PsychCentral, tidak ada penyebab tunggal untuk penyakit mental bipolar.

Seperti gangguan psikologis lainnya, penyakit bipolar adalah sebuah kondisi kompleks dengan berbagai faktor yang menjadi penyebab, yaitu faktor genetik, biologis, dan lingkungan. 

Menurut laman WebMD, setidaknya ada 5 jenis bipolar, yaitu:

Gangguan bipolar I atau dikenal juga sebagai depresi manik, adalah salah satu jenis penyakit mental.

Orang yang mengidap gangguan bipolar I memiliki setidaknya satu episode manik di dalam hidupnya.

Periode manik adalah periode di mana suasana hati dan energi meningkat, disertai dengan perilaku yang tidak normal dan mengganggu kehidupan.

Kebanyakan orang yang mengidap bipolar I juga menderita tahap depresi. Seringkali, ada pola perputaran antara mania dan depresi. 

Oleh karena itu, bipolar I sering disebut sebagai depresi manik. 

Dalam tahap antara mania dan depresi, banyak orang yang mengidap bipolar dapat menjalani kehidupan sebagaimana orang normal. 

Risiko penyakit ini juga dapat diderita oleh siapa saja. Selama tahap manik pada seseorang dengan penyakit bipolar, peningkatan suasana hati dapat berbentuk sebagai euforia ataupun emosi. 

Beberapa perilaku abnormal selama tahap manik dapat berupa hal-hal seperti hiperaktivitas dan penurunan kebutuhan tidur, pengeluaran berlebih, hiperseksualitas, hingga penyalahgunaan zat tertentu.

Baca juga: Medina Zein Mengaku Bipolar Sejak 2016 karena Faktor Genetik

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
January 04, 2020 at 02:29PM
https://ift.tt/2STOY2f

Bisa Tiba-tiba Senang atau Sedih Sekali, Ini Jenis Bipolar yang Perlu Diketahui - Kompas.com - KOMPAS.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisa Tiba-tiba Senang atau Sedih Sekali, Ini Jenis Bipolar yang Perlu Diketahui - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.