Search

Ini Jenis Tabir Surya yang Paling Baik untuk Kulit Sensitif - ayobandung.com

Untuk kulit sensitif, disarankan menggunakan tabir surya yang tidak mengandung bahan kimia atau physical blocker.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tabir surya terbagi menjadi dua, physical blocker dan chemical blocker. Perbedaannya ada pada kandungan dan cara kerjanya.

Dipaparkan oleh spesialis kulit dan kelamin dr Umi Rinasari, MARS, SpKK, FINSDV dari RSPI Bintaro Jaya, tabir surya jenis physical blocker memiliki kandungan zync oxide dan titanium dioxide, sementara chemical blocker mengandung bahan kimia, utamanya oxybenzone.

Cara kerja tabir surya jenis physical blocker adalah menghalangi atau memantulkan sinar ultraviolet lalu menyebarkannya. Tabir surya jenis ini bagaikan dinding penghalang kulit dari sinar ultraviolet dari matahari.

Sementara itu, jenis chemical blocker, bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan menyerap sinar ultraviolet yang kemudian akan memecahkannya jadi panas yang lebih kecil.

Mana yang lebih bagus untuk kulit? "Tergantung jenis kulitnya," kata dr Umi, sapaannya, dalam Live IG bersama dr Danar Wicaksono, dokter residen di FKKMK UGM seperti diberitakan Suara.com, Senin (13/4/2020).

Untuk kulit sensitif, disarankan menggunakan tabir surya yang tidak mengandung bahan kimia atau physical blocker. Bahan kimia di dalam tabir surya chemical blocker sendiri bisa menimbulkan reaksi iritasi dan alergi, lanjut dr Umi.

Untuk wajah berjerawat juga disarankan menggunakan tabir surya physical blocker dan yang non-comedogenic agar tidak menimbulkan komedo. Wajah juga bisa menjadi rentan berjerawat karena pemilihan tabir surya dengan kandungan yang tidak tepat.

Kemudian pilihlah tekstur yang ringan dan encer, misal gel atau spray untuk wajah yang berjerawat. Hindari dalam bentuk krim karena bisa menutupi pori-pori yang bisa mengakibatkan sumbatan yang menimbulkan jerawat.

"Untuk kulit kering, pilih yang dalam bentuk krim atau lotion. Mungkin ada yang coba-coba pakai sunscreen terus wajahnya memerah, atau gatal, berarti kandungan sunscreennya tidak tepat," kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
April 13, 2020 at 09:48AM
https://ift.tt/2Xx1nMa

Ini Jenis Tabir Surya yang Paling Baik untuk Kulit Sensitif - ayobandung.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Jenis Tabir Surya yang Paling Baik untuk Kulit Sensitif - ayobandung.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.