Search

Jenis jenis Pemeriksaan untuk Mendeteksi Covid 19 - Medcom ID

Jakarta: Pemeriksaan covid-19 melalui rapid test atau tes cepat mungkin salah satu yang sudah cukup dikenal. Namun sebenarnya ada cara lain yang lebih akurat dalam memeriksa apakah seseorang terinfeksi covid-19 atau tidak. Cara tersebut yaitu Reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR).
 
“Tes untuk pemeriksaan covid-19 itu paling mudah ada dua jenis yaitu rapid test dan RTCPR. Rapid test itu tes cepat artinya adalah hasil tesnya bisa cepat keluar,” ujar Prof. drh. Wiku Adisasmito, M.Sc, Ph.D, Pakar Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19, dalam konferensi Pers di Kantor Graha BNPB, Rabu, 15 April 2020.

Menurut Wiku, rapid test itu sendiri terdiri dari dua jenis:


1. Mengukur antibodi 

“Rapid test untuk pemeriksaan covid-19 itu ada dua, yang pertama mengukur antibodi atau sistem imunitas terhadap covid-19."

2. Menilai antigen atau virus

"Dan yang kedua menilai terhadap antigen atau virusnya. Ini lebih jarang digunakan,” ujarnya.
 
“Sekarang saya berbicara tentang rapid test yang antibodi. Jadi rapid test antibodi akan efektif mengukur kalau dalam tubuhnya sudah ada antibodi. Kalau sudah ada antibodi biasanya sudah ada gejalanya dulu. Dengan ada gejala, berarti tubuh bereaksi melawan virus dan melawannya itu pakai antibodi,” jelas Wiku.

Antibodi muncul setelah tujuh hari

Ia juga menjelaskan bahwa antibodi akan mulai muncul setelah tujuh hari dari pertama terinfeksi. “Pertama terinfeksi, kalau dilakukan uji melalui rapid test pasti hasilnya negatif atau mulai gejala antibodinya belum cukup untuk terdeteksi,” tambah Wiku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemudian tes yang kedua adalah RTCPR. Cara kerjanya membalik virusnya, dari RNA dibalik dulu menjadi DNA sehingga mesinnya bisa membaca. Ini adalah tes yang lebih akurat karena memeriksa virusnya, bukan antibodinya,” jelas Wiku.
 
Dalam melakukan pemeriksaan melalui RTCPR, akan diambil cairan tubuh yang paling banyak mengandung virus yang sering disebut dengan swab atau usap. 
 
“Jadi pakai alat, diusap masuk ke hidung sangat dalam karena disitulah letaknya ada cairan yang kalau diswab ada virusnya nanti bisa dicek,” ujar Wiku.
 
“Akan tetapi bisa juga menggunakan yang jumlah virusnya banyak, yaitu dahak. Itu lebih bagus karena lebih banyak virusnya. Dan orang yang tanpa gejala pun, jika dilakukan tes swab atau PCR bisa langsung terdeteksi virusnya tanpa harus dilakukan rapid test,” tutup Wiku.  
 

(TIN)

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
April 16, 2020 at 03:27PM
https://ift.tt/34GbYWs

Jenis jenis Pemeriksaan untuk Mendeteksi Covid 19 - Medcom ID
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis jenis Pemeriksaan untuk Mendeteksi Covid 19 - Medcom ID"

Post a Comment


Powered by Blogger.