Search

Tetap Sehat, Ini Cara dan Jenis Olahraga yang Meningkatkan Imun Tubuh - Suara.com

Suara.com - Ini Cara dan Jenis Olahraga yang Meningkatkan Imun Tubuh agar Tetap Sehat

Di tengah pandemi corona yang masih terus meluas saat ini, tiap orang tentu berharap bisa terhindar dari infeksi Covid-19, termasuk dengan meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat. Tapi, bagaimana caranya? Apakah benar salah satunya dengan aktif berolahraga?

Sudah banyak studi maupun saran dari pakar kesehatan yang memang menganjurkan olahraga sebagai salah satu cara agar bisa tetap sehat, termasuk dalam hal ini untuk meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh. Tentunya, cara lain juga termasuk makan makanan bergizi, mengurangi stres, serta istirahat yang cukup.

"Sebagaimana halnya konsumsi makanan bergizi, olahraga dapat berkontribusi pada kesehatan secara umum dan tentunya terhadap sistem imun tubuh yang sehat," ungkap salah satu artikel di laman Harvard Medical School.

"Berolahraga adalah sebuah cara yang kuat untuk meningkatkan imun tubuh Anda," ungkap Mark Moyad, M.D., M.P.H., seorang pakar kesehatan, sebagaimana dikutip situs organisasi hidup sehat AARP.org.

"Olahraga meningkatkan sirkulasi darah dan memiliki efek anti-inflamasi di dalam tubuh," tegas salah satu tulisan di situs Healthline pula.

Infografis tips menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh saat di rumah aja. (Dok. Suara.com)
Infografis tips menjaga dan meningkatkan imun tubuh saat di rumah aja. (Dok. Suara.com)

Lantas, bagaimana sebenarnya cara dan jenis olahraga terbaik untuk meningkatkan imun tubuh? Untuk jawaban singkatnya, banyak tulisan maupun pandangan pakar tampaknya punya kesimpulan serupa yaitu olahraga yang teratur dan sedang-sedang saja.

"Olahraga rutin meningkatkan pengaturan (sistem) imun, (sekaligus) menunda kemunculan disfungsi (tubuh) terkait pertambahan usia," demikian salah satu kesimpulan utama dari penelitian David C.Nieman dan Laurel M.Wentz yang dimuat di Journal of Sport and Health Science tahun 2019 lalu.

"Aktivitas fisik secara reguler (rutin) bisa menguatkan sistem imun Anda dan membantu tubuh melawan berbagai infeksi penyakit dan virus," tulis Healthline.

Hal ini juga dibenarkan oleh Moyad, yang mengarahkan bahwa kunci dari olahraga terbaik tampaknya adalah melakukannya dalam skala sedang dan teratur. Seperti dikutip AARP, pakar kesehatan ini pun merekomendasikan durasi olahraga ringan atau sedang sekitar 30-60 menit beberapa kali dalam seminggu.

Lantas, apa jenis olahraga yang tergolong aktivitas sedang yang banyak disarankan tersebut?

Ilustrasi yoga. (Shutterstock)
Ilustrasi yoga, olahraga ringan, cara tetap sehat. (Shutterstock)

"Targetkan setidaknya (masing-masing) 30 menit aktivitas fisik tiga kali seminggu. Ini bisa terdiri dari jalan kaki (santai), bersepeda, yoga, berenang, atau kegiatan olahraga low impact lainnya," tulis Healthline.

"Jenis aktivitas (olahraga intensitas sedang) tersebut termasuk kegiatan seperti 20-30 menit jalan kaki setiap hari, pergi (latihan) ke gym atau bersepeda dengan anak-anak beberapa kali seminggu," tulis WebMD.

"Dalam sebuah studi di American Journal of Medicine, para perempuan yang berjalan kaki setengah jam tiap hari selama setahun, kemungkinan terkena flunya hanya setengah dari mereka yang tidak berolahraga. Peneliti juga menemukan bahwa jalan kaki rutin dapat mengarah pada jumlah sel darah putih --benteng terhadap infeksi (virus)-- yang lebih banyak," sambung tulisan di situs tersebut.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
April 14, 2020 at 08:26AM
https://ift.tt/2yhndZd

Tetap Sehat, Ini Cara dan Jenis Olahraga yang Meningkatkan Imun Tubuh - Suara.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tetap Sehat, Ini Cara dan Jenis Olahraga yang Meningkatkan Imun Tubuh - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.