Search

Jumlah Pelatihan di Program Kartu Pra-Kerja Tambah 200 Jadi 1.700 Jenis - Okezone

JAKARTA - Konterversi mengenai program kartu pra kerja seperti tidak ada habisnya. Setelah beberapa waktu lalu ramai mengenai masuknya ruangguru menjadi mitra platform pelatihan kartu pra kerja, kini konterversi kembali muncul terkait jumlah jenis pelatihan yang tersedia.

Sebab ada beberapa perbedaan pendapat yang dilontarkan pemerintah mengenai jumlah jenis pelatihan yang tersedia.

 Baca juga: 4 Platform Sudah Daftar Jadi Mitra Baru Kartu Pra-Kerja

Direktur Komunikasi Program Kartu Pra Kerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, hingga saat ini ada 1.700 jenis pelatihan yang disediakan pemerintah. Sebelumnya, jenis pelatihan yang tersedia di platform mitra kartu prakerja hanya 1.500 saja.

"1.500 jenis pelatihan, hari ini nambah 200 lagi," ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (23/4/2020).

Menurut Panji, 1.700 jenis pelatihan yang tersedia ini terdiri dari berbagai tingkatan. Di mana, dari mulai ringan hingga tingkat kemahiran tinggi.

 Baca juga: Pemerintah Buka-bukaan Penunjukan Ruangguru Cs Jadi Mitra Kartu Pra-Kerja

"Dengan pilihan beragam dari sangat ringan dan praktis juga sampai ke pelatihan yang cukup advance atau tingkat kemahiran tinggi, kami sediakan di lembaga pelatihan untuk prakerja," ucapnya.

Sementara jenis pelatihannya nantinya akan disesuaikan dengan tingkatannya. Bagi tingkatan yang advance misalnya akan diberikan pelatiha programing hingga manajemen risiko.

"Dan mulai dari manajemen risiko, programming, coding, itu mulai butuh yang advance," kata Panji.

Sementara bagi pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disarankan untuk mengambil pelatihan dengan tingkatan ringan. Dalam pelatihan tersebut akan diberikan tips bagi mereka yang ingin menambah jumlah menuyang kreatif agar diminati oleh konsumen

"Tapi misal pelaku usaha kecil ingin jual makanan dan ingin tambah menu, risoles tapi ingin tambah jenis menu, mereka bisa gunakan pelatihan ringan yang tentu harganya lebih murah. Mari percaya ke masyarakat mereka bisa milih," kata Panji

Sementara itu sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebut hanya ada sekitar 1.500 jenis pelatihan yang tersedia. Peserta bisa memilih sendiri jenis pelatihan sesuai minat, kebutuhan dan preferensi masing-masing

"Nanti ke depannya, (karena sekarang) kami ibaratnya bayi yang baru lahir, jadi kami terus belajar dari proses yang ada. Kami berjanji akan memperbaiki layanan kami, sehingga ke depannya (ditargetkan) akan ada menu untuk sorting harga dan rating pelatihan, bahkan nanti setelah pandemi berlalu akan bisa diukur jarak dari rumah, kalau sudah bisa pelatihan offline,” katanya.

Sementara itu, berbeda dengan Denni dan juga Panji, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut terdapat 2.000 jenis pelatihan secara daring. Jumlah tersebut didapat dari 198 lembaga pelatihan yang bekerjasama dengan 8 platform digital.

Airlangga mengimbau agar peserta dapat mulai mengunjungi situs platform digital, membandingkan harga, dan memilih jenis pelatihan sesuai minat atau kebutuhan.

Manajemen pelaksana dan platform akan fokus menambah jumlah dan variasi jenis maupun lembaga pelatihan. Jenis pelatihan secara offline atau dengan tatap muka dapat dilaksanakan setelah Pemerintah mengevaluasi aspek keamanan dan setelah pembatasan sosial telah dicabut.

“Statistik menunjukkan, antusias masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja sangat besa," kata Airlangga.

(rzy)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
April 23, 2020 at 03:58PM
https://ift.tt/34ZZARp

Jumlah Pelatihan di Program Kartu Pra-Kerja Tambah 200 Jadi 1.700 Jenis - Okezone
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jumlah Pelatihan di Program Kartu Pra-Kerja Tambah 200 Jadi 1.700 Jenis - Okezone"

Post a Comment


Powered by Blogger.