Search

Jenis Makanan Iguana agar Cepat Besar, Jangan Salah Pilih Supaya Tidak Fatal - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Makanan Iguana agar cepat besar mungkin jarang diperhatikan oleh sebagian banyak orang, yang berpikir bahwa Iguana merupakan hewan peliharaan bagi pemula dalam memelihara hewan jenis reptile. Hal tersebut merupakan hal yang keliru, karena Iguana memerlukan cara perawatan yang perlu keahliaan dan biasanya pemula belum paham dalam melakukannya. Hal ini karena kurang didapatkannya informasi dan pengetahuan mengenai pemilihan makanan Iguana agar cepat besar dan bahkan paling fatal adalah mengakibatkan Iguana mati sebelum menginjak usia dewasa.

Iguana merupakan hewan yang lebih sering dikenal masyarakat sebagai jenis hewan yang merupakan keturunan naga. Hampir semua jenis Iguana memiliki duri yang terletak pada bagian sepanjang punggungnya. Selain mengenai jenis makanan Iguana agar cepat besar, hal lainnya yang cukup unik pada Iguana yaitu pada saat dewasa warna tubuh iguana berubah menjadi warna cokelat dan bahkan cenderung memiliki warna oranye disertai garis pada ekornya. 

Iguana adalah jenis kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia. Namun saat ini berbagai jenis Iguana sudah dapat sangat banyak dijumpai di Indonesia. Di habitat aslinya Iguana memiliki sedikit dan minim ancaman dan pesaing, hal tersebut dapat terlihat dari sikap dan gerak-gerik Iguana di alam liar yang dapat dikatakan sangat tidak memiliki sikap agresif, namun terdapat pengecualian, yaitu pada saat musim kawin.

Banyak yang menyangka bahwa makanan Iguana agar cepat besar yaitu dengan memberikan makanan seperti daging. Apalagi jika mereka yang baru pertama kali mengenal dan memelihara hewan jenis reptil yang satu ini, tetapi hal tersebut merupakan kesalahan besar. Hal itu karena iguana merupakan hewan herbivora yakni hewan pemakan tumbuhan, jenis iguana merah, iguana hijau, iguana brazil, iguana colombia dan iguana laut merupakan jenis reptile pemakan tumbuhan.

Dalam memilih makanan Iguana agar cepat besar tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Sebab makanannya berupa sayur dan buah-buahan yang dapat sangat dengan mudah didapatkan di toko maupun pasar.

Agar semakin menambah informasi mengenai apa saja sebenarnya jenis dan macam dari makanan Iguana agar cepat besar beserta apa saja makanan yang tidak boleh diberikan kepada Iguana, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (2//4/2020).

2 dari 4 halaman

Makanan yang disarankan

1. Berbagai jenis sayuran dan buah-buahan

Sebagian besar dari makanan iguana haruslah mengandung sayuran atau tanaman hijau, mengingat Iguana merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Supaya makanan tersebut semakin mudah dikonsumsi Iguana, Anda dapat mencincangnya, tapi jangan lupa untuk mencucinya dahulu agar menghilangkan pestisida yang berbahaya bagi Iguana.

Tumbuh-tumbuhan hijau yang dapat menjadi pilihan yaitu sawi, lobak, kale, dan sebagainya. Lalu jenis tumbuhan lainnya seperti wortel yang telah diparut, jenis labu, paprika, kacang hijau, kacang polong, dan lain sebagainya.

Jika stok sayuran segar anda habis, Anda dapat mengganti dengan sayuran yang telah dibekukan. Jenis sayuran beku tersebut hendaknya memiliki campuran seperti kacang hijau, wortel, kacang polong dan jagung. Tetapi pastikan makanan beku yang hendak diberikan harus dihangatkan dulu agar sisa-sisa kerak es pada sayuran beku tersebut menghilang.

Tetapi agar jenis makanan yang diberikan kepada Iguana kesayangan Anda tidak hanya berupa sayuran hijau, dan untuk menghindari kebosanan terhadap makanan tersebut maka Anda dapat mencampurkan aneka buah. Beberapa buah seperti blewah, pisang, stroberi, apel, dan lain sebagainya dapat dijadikan makanan Iguana agar cepat besar. Tapi, jangan lupa untuk memotongnya menjadi cukup kecil agar mudah dimakan oleh Iguana.

2. Makanan Iguana olahan

Selain makanan yang didapatkan secara alami seperti sayur dan buah-buahan, makanan Iguana agar cepat besar dapat menggunakan beberapa makanan Iguana yang telah diolah dan bentuknya seperti pelet dan banyak diperjualbelikan di toko hewan dan reptil.

Beberapa macam makanan kemasan bagi Iguana tersebut di antaranya cukup bagus sebagai tambahan nutrisi Iguana Anda. Bentuk dari makanan Iguana yang diperjualbelikan tersebut biasanya berbentuk pelet, namun anda dapat mencampurkan makanan jenis pellet tersebut dengan makanan iguana lain seperti sayur dan buah.

Sebelum diberikan kepada Iguana, sangat disarankan Anda sebaiknya membasahi sedikit dahulu pelet kering yang hendak diberikan. Namun yang menjadi catatan penting adalah jenis makanan ini jangan dijadikan sebagai menu utama, dan tetap usahakan Iguana mendapat asupan nutrisi dari tumbuhan alami.

3. Suplemen

Pemberian suplemen tambahan beberapa kali dalam seminggu dapat memastikan asupan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh iguana. Anda bisa memberikan suplemen vitamin D3 dan kalsium. Sementara multivitaminnya cukup diberikan seminggu sekali.

Anda dapat mencampurkannya pada makanan Iguana, namun tidak perlu banyak-banyak, cukup memercikannya  saja sedikit.

3 dari 4 halaman

Makanan Iguana yang boleh diberikan sesekali

Selain makanan Iguana agar cepat besar, terdapat pula berbagai macam makanan yang tidak terlalu disarankan untuk diberikan pada Iguana. Di bawah ini merupakan beberapa makanan bagi Iguana yang sebisa mungkin dihindari, walaupun beberapa dari makanan ini sebenarnya masih bisa diberikan sesekali tapi perlu hati-hati dan sangat diperhatikan.

1. Roti, Pasta dan Biji-bijian

Sesekali, Anda bisa memberi tambahan makanan seperti nasi, pasta yang dimasak serta roti gandum yang telah dicincang.

2. Tahu

Walaupun tahu tinggi protein nabati, namun tahu memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, serta mengandung Goitrogen di mana senyawa ini dapat menekan fungsi tiroid dan mengganggu penyerapan yodium. Pemberian tahu boleh jika hanya sesekali, namun apabila terlalu berlebihan dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius bagi Iguana Anda.

3. Makanan Asam

Makanan asam seperti buah jeruk, anggur, jeruk nipis, buah kiwi, lemon,tomat, dan nanas boleh diberikan tetapi hanya sesekali, karena apabila terlalu sering dan terlalu banyak diberikan, ditakutkan Iguana tidak dapat menguraikan asam dari jenis makanan tersebut.

4 dari 4 halaman

Makanan yang tidak boleh diberikan kepada Iguana

Yang terakhir dan yang terpenting adalah jenis makanan Iguana apa saja yang sangat tidak diperbolehkan untuk diberikan, karena sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup Iguana Anda, antara lain seperti di bawah ini.

1. Cacing dan serangga kedua hewan ini mengandung protein nabati dan tidak bagus untuk iguana.

2. Telur juga mengandung proein hewani dan mengandung banyak lemak.

3. Daging ayam mengandung protein hewani.

4. Produk susu (susu, keju, keju lembut, yogurt,dll).

5. Dog food, cat food, monkey biscuits, monkey chow dan aneka protein yang dimaksudkan untuk anjing, kucing, dan monyet.

6. Rhubarb/Klembak/Hyssopus officinalis mengandung racun yang berbahaya.

7. Tanaman liar dan bunga karena memiliki kemungkinan terkontaminasi herbisida dan pestisida, atau bisa jadi jenis tanaman liar tersebut beracun.

Setelah mengetahu berbagai macam makanan Iguana agar cepat besar di atas beserta apa saja makanan yang tidak diperbolehkan, semoga dapat menambah informasi bagi Anda pecinta reptile Iguana ya.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
April 02, 2020 at 01:21PM
https://ift.tt/2wWqaOz

Jenis Makanan Iguana agar Cepat Besar, Jangan Salah Pilih Supaya Tidak Fatal - Liputan6.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis Makanan Iguana agar Cepat Besar, Jangan Salah Pilih Supaya Tidak Fatal - Liputan6.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.