Search

Stok Darah Jenis A dan O PMI Semarang Menipis - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews

  • Senin, 6 April 2020 | 22:06 WIB
  • Penulis:
    • Siswo Ariwibowo

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang mengkonfirmasi stok golongan darah jenis A dan O menipis. Hal itu diuraikan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang, dr Anna Kartika, M Biomed di Semarang, Senin (6/4).

"Terkait stok darah di PMI Kota Semarang, golongan darah yang menipis adalah jenis A dan O. Untuk yang lain masih cukup aman," kata Anna.

Oleh karena itu, Anna mengimbau agar masyarakat bersukarela berdonor untuk kepentingan masyarakat lainnya. Menurutnya, permintaan darah tetap ada, terutama untuk pasien perdarahan, thalasemia, kanker, ibu hamil dengan kebutuhan darah, dan lain sebagainya.

"Kami mohon untuk pedonor yang sehat dan yang sudah waktunya berdonor agar untuk dapat berdonor di gedung UDD PMI Kota Semarang  atau tempat-tempat mobile unit kami yang sudah tersedia," terangnya.

Anna menjelaskan, sampai Hari Senin (6/4) sekitar pukul 10.45, kantor UDD PMI Kota Semarang memiliki stok darah sebanyak 1.391 kantong darah. Perinciannya, produk whole blood (WB) (komponen darah secara keseluruhan-red) untuk golongan darah jenis A (enam kantong), B (104 kantong), AB (lima kantung), O(lima kantong), total 120 kantong darah.

Kemudian, packed red cell (PRC) (sel darah merah) untuk golongan darah jenis A (18 kantong), B (350 kantong), AB (40 kantong), O (27 kantong), total 435 kantong darah. Kemudian thrombocyte concentrates (TC) (trombosit) untuk golongan darah jenis A (54 kantong), B (48 kantong), AB (13 kantong), O (61 kantong), total 176 kantong darah.

Kemudian fresh frozen plasma (FFP) untuk golongan darah jenis A (54 kantong), B (78 kantong), AB (55 kantong), O (88 kantong), total 275 kantong darah. Kemudian leucodepleted untuk golongan darah jenis A (15 kantong), B (16 kantong), AB (13 kantong), O (20 kantong),  total 64 kantong darah.

Kemudian pediatrik untuk golongan darah jenis A (dua kantong), B (empat kantong), AB (lima kantong), O (tiga kantong), total 14 kantong darah. Kemudian leucoreduced untuk golongan darah jenis A (12 kantong), B (13 kantong), AB (10 kantong), O (13 kantong),  total 48 kantong darah.

"Secara umum golongan darah jenis A (227 kantong), B (678 kantong), AB (175 kantong), dan O (311 kantong). Jadi totalnya 1. 391 kantong darah. Itu semua darah sehat, tanpa dikurangi stok emergency," terangnya.

Anna melanjutkan, sebagai langkah-langkah antisipatif, yakni dengan berkoordinasi dengan koordinator-koordinator donor yang sudah  dijadwalkan beberapa waktu lalu. Pihaknya juga  giat melakukan sosialisasi. Karena sudah ada protokol dari pusat apa yang haris dilakukan.

"Terutama di kecamatan-kecamatan, kemarin sempat di balai kota, juga angkatan, kepolisian, dan juga warga," imbuhnya.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
April 06, 2020 at 10:06PM
https://ift.tt/39Im8qp

Stok Darah Jenis A dan O PMI Semarang Menipis - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Stok Darah Jenis A dan O PMI Semarang Menipis - suaramerdeka.com - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.