Search

4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner - Indozone.id

INDOZONE.ID - Bisnis kuliner saat ini memang cukup menjanjikan, apalagi kalau kamu menjalankan bisnis ini di kota besar. Seseorang yang tinggal di kota besar seringkali terlalu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas sehingga tak memiliki waktu untuk memasak makanannya sendiri.

Kemudahan yang diberikan oleh teknologi juga berperan cukup banyak dalam meningkatnya daya beli masyarakat terhadap makanan, seperti layanan pesan antar makanan online yang bisa diakses dari gadget. Untuk mendukung bisnis kuliner yang akan kamu jalani, kamu perlu mempertimbangkan berbagai macam aspek, salah satunya adalah kemasan makanan.

Kemasan makanan saat ini menjadi hal yang sangat penting, karena kemasan yang dulunya melindungi apa yang dijual, kini menjadi menjual apa yang dilindungi. Kemasan makanan yang baik adalah kemasan yang rapi, bersih, dapat menarik minat pembeli, dan tentu saja aman digunakan untuk makanan.

Nah, untuk kamu yang ingin memulai bisnis, ini empat jenis kemasan makanan yang bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan.

1. Paper Lunch Box

4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner
Ilustrasi paper lunch box. (DHgate)

Berbahan dasar kertas, dengan laminasi di dalamnya membuat paper lunch box sangat sering digunakan sebagai kemasan makanan. Jenis kemasan ini bersifat tahan minyak dan anti bocor sehingga tidak merusak penampilan makanan. 

Paper lunch box tersedia dalam tiga ukuran yaitu kecil, sedang, dan besar menyesuaikan dengan porsi makanan yang akan dijual. Biasanya paper lunch box berwarna putih bersih, namun sekarang juga banyak tersedia warna lain seperti hitam dan coklat.

Kemasan jenis ini sangat cocok digunakan dalam bisnis kuliner yang menjual aneka nasi, aneka mie, ayam dan bebek, junk food serta seafood.

2. Paper Bowl

4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner
Ilustrasi makanan dengan paper bowl. (Alibaba)

Paper bowl adalah salah satu kemasan makanan kekinian yang sering ditemui pada resto-resto sekitar kita. Bentuknya yang seperti mangkok sangat cocok digunakan untuk bisnis kuliner makanan-makanan berkuah seperti sup, salad, seblak, ramen, udon, mie ayam, dan bakso.

Akan tetapi tak hanya makanan berkuah saja karena saat ini menu aneka nasi juga sering menggunakan kemasan paper bowl atau yang biasa kita sebut sebagai rice bowl. Kemasan makanan yang satu ini tersedia dengan berbagai macam ukuran volume, mulai dari 200 ml sampai dengan 1000 ml.

3. Food Pail

4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner
Ilustrasi makanan dengan food pail. (Jobena)

Food pail bisa kita anggap sebagai gabungan antara paper lunch box dan paper bowl. Kemasan ini menggunakan bahan yang sama seperti paper lunch box, namun dengan bentuk yang menyerupai paper bowl tetapi berbentuk persegi. Biasanya food pail digunakan untuk makanan seperti aneka nasi, aneka mie, ayam dan bebek, serta pasta. 

Food pail tidak cocok digunakan untuk makanan yang berkuah, karena masih ada celah pada kemasan jenis ini. Ukuran food pail tidak banyak seperti paper bowl, karena hanya ada ukuran kecil, sedang, dan besar.

4. Box Bento

4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner
Ilustrasi makanan dengan box bento. (Wikipedia)

Box bento memiliki ciri-ciri berbahan dasar mika dengan alas berwarna hitam dan tutup yang transparan. Kemasan ini sudah digunakan sejak lama dan paling sering kita temui. Biasanya box bento memiliki beberapa sekat yang dapat memisahkan nasi dan lauk-pauknya.

Jika kamu pergi ke minimarket, kamu akan menemui makanan siap saji yang menggunakan kemasan box bento ini. Box bento sering digunakan untuk makanan yang dipajang karena memiliki tutup transparan, sehingga pembeli dapat langsung melihat isi makanan di dalamnya.

Jadi jika kamu ingin memajang display makanan di restomu, kamu bisa menggunakan box bento ini sebagai pilihan yang baik.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
February 28, 2020 at 12:05PM
https://ift.tt/32A6Diu

4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner - Indozone.id
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Jenis Kemasan Makanan untuk Kamu yang Akan Memulai Bisnis Kuliner - Indozone.id"

Post a Comment


Powered by Blogger.