Search

Artis FTV Cerelia Raissa Idap 4 Jenis Gangguan Mental, Begini Gejalanya - Suara.com

Suara.com - Cerelia Raissa, salah satu bintang sinetron FTV yang memiliki masalah kesehatan mental. Tak hanya satu, Cerelia Raissa bahkan memiliki empat jenis masalah kesehatan mental.

Melalui channel YouTube Gritte Agatha, Cerelia Raissa sempat mengungkapkan 4 jenis masalah mentalnya dan gejalanya.

Cerelia Raissa mengaku mulanya merasa tidak normal seperti orang lainnya sejak SD. Saat itu ia merasa anak-anak SD yang seharusnya bahagia dan riang, ia justru merasa iri dan cemburu.

"Sampai SMP itu akhirnya gue google tentang kondisi gue dan solusinya. Akhirnya, gue ke psikolog terus dirujuk ke psikiater. Akhirnya, aku didiagnosis bipolar dan anxiety disorder," lanjutnya.

Sejak itu, Cerelia Raissa rutin berkonsultasi dan melakukan terapi ke psikiater. Tetapi seiring berjalannya waktu, Cerelia kembali didiagnosis gangguan mental yang lain.

Cerelia kembali didiagnosis mengalami borderline personality disorder dan gangguan makan. Dua gangguan mentalnya ini pun masih berkaitan dengan gangguan kecemasan dan bipolarnya.

Cerelia Raissa idap 4 gangguan mental (Instagram/@cereliaraissa)
Cerelia Raissa idap 4 gangguan mental (Instagram/@cereliaraissa)

"Jadi gue tidak pernah cerita masalah makan sama psikiater karena aku merasa itu normal. Pola makan aku itu bisa 3-4 hari nggak makan atau makan sehari bisa 8 porsi. Tapi, gue tidak menyadari kalau itu nggak wajar," ujarnya.

Berikut ini penjelasan 4 gangguan mental yang dialami oleh Cerelia Raissa.

1. Anxiety atau gangguan kecemasan

Kecemasan adalah reaksi normal terhadap stres dan bisa bermanfaat dalam beberapa situasi, karena bisa mengingatkan kita akan bahaya.

Tapi dilansir oleh Psychiatry.org, gangguan kecemasan berbeda dari perasaan normal gugup atau gelisah. Gangguan kecemasan ini melibatkan rasa takut atau kecemasan berlebihan yang memengaruhi hampir 30 persen orang dewasa.

Masalah kesehatan mental ini bisa menyebabkan orang berusaha menghindari situasi yang memicu atau memperburuk gejalanya, seperti pekerjaan hingga hubungan pribadi.

2. Borderline personalitu atau gangguan kepribadian ambang

Boderline personality disorder (BPD) adalah penyakit mental yang membuat orang sulit merasa nyaman dengan dirinya sendiri, bermasalah dalam mengendalikan emosi dan impuls serta menyebabkan masalah yang berkaitan dengan orang lain.

Dilansir oleh Yourhealthinmind.org, orang dengan BPD memiliki tingkat kesulitan dan kemarahan yang tinggi. Mereka dapat dengan mudah tersinggung pada hal-hal yang orang lain lakukan atau katakan.

Ilustrasi gangguan mental. [Shutterstock]
Ilustrasi gangguan mental. [Shutterstock]

3. Eating disorder atau gangguan makan

Gangguan makan dilansir oleh Psychiatry.org, merupakan penyakit yang membuat orang mengalami gangguan makan parah dan emosi yang terkait. Kondisi ini seringkali dialami oleh orang dengan anoreksia dan bulimia.

Kondisi ini membuat mereka terkadang merasa gemuk dan setengah kelaparan yang bisa mengancam jiwa.

4. Bipolar

Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem. Gejala bipolar bisa termasuk suasana hati tinggi yang disebut mania dan bisa mencakup episode depresi.

Gangguan bipolar dilansir oleh Healthline.com, juga dikenal sebagai penyakit bipolar atau depresi manik. Orang dengan kondisi ini mungkin kesulitan mengelola tugas atau mempertahankan hubungan.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
February 13, 2020 at 03:36PM
https://ift.tt/2vpzw4p

Artis FTV Cerelia Raissa Idap 4 Jenis Gangguan Mental, Begini Gejalanya - Suara.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Artis FTV Cerelia Raissa Idap 4 Jenis Gangguan Mental, Begini Gejalanya - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.