JAKARTA - Pebisnis kecil maupun besar pasti merasakan “diserang” berbagai macam keluhan. Keluhan pun bisa menjadi pembelajaran bagi para pebisnis.
Ketika keluhan pelanggan bisa diatasi dengan baik, kepercayaannya pada bisnis kita akan semakin meningkat. Berita baiknya, pelanggan yang puas bisa menyebarkan kehebatan bisnis kita pada orang lain. Sehingga calon pelanggan akan tertarik dan siap menjadi pelanggan kita.
Baca juga: 5 Bisnis Sektor Pertanian yang Menguntungkan untuk Milenial
Mengutip buku 1/2 Karyawan 1/2 Bos: 33 Jurus Sukses Berbisnis Kala Masih Kerja oleh Supardi Lee dan Noval Ramsis, Jakarta, Sabtu (22/2/2020), Pelanggan mengeluh karena berbagai sebab, di antaranya:
1. Produk/Jasa kita tak sesuai standar kualitasnya.
2. Pelayanan yang kurang baik, kurang ramah, dan kurang cepat.
3. Fasilitas kita kurang memadai.
4. Harga produk/jasa dipandang terlalu mahal dibandingkan pesaing.
5. Konsumennya yang mengada-ada.
Baca juga: Cara Memikat Konsumen, Cermati Perilaku hingga Seleranya
Dalam buku tersebut, mencontohkan bagaimana Bob Sadino dalam berbisnis. Dirinya pernah menaruh telur busuk dengan sengaja di antara telur-telur yang bagus.
Ia ingin pelanggan pelanggannya mengeluh supaya ia bisa menunjukan kehebatannya. Ia ingin pelanggan mengisi peran WoM bagi bisnisnya.
Memang ide bisnis yang agak gila, tapi manjur untuk dicoba. Buktinya, Bob Sadino berhasil meraih kepercayaan para pelanggannya.
(rzy)
"jenis" - Google Berita
February 22, 2020 at 02:34PM
https://ift.tt/38SnLT4
Kenali Jenis-Jenis Keluhan Pelanggan demi Reputasi Bisnis - Okezone Economy
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Kenali Jenis-Jenis Keluhan Pelanggan demi Reputasi Bisnis - Okezone Economy"
Post a Comment