Search

Jenis Masker yang Disarankan dan Tidak untuk Cegah Virus Corona - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Pencegahan virus corona atau COVID-19 bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga, dan mengelola stres.

Selain itu, menggunakan masker agar tidak terpapar langsung virus juga tak boleh dilupakan. Berbicara tentang masker, kita tentu mengenal tiga jenis yang paling umum, yakni N95, masker katun, dan masker bedah. Tapi manakah yang terbaik untuk mencegah virus corona?

Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, Moh. Adib Khumaidi, pun menjelaskannya satu per satu. Untuk masker N95 ini memang sangat baik lantaran bisa memfilter 95 persen virus. Meski demikian, masker jenis ini lebih disarankan untuk dipakai para dokter dan petugas kesehatan.

“Yang masyarakat perlu pahami, penggunaan masker N95 ditujukan untuk dokter dan petugas kesehatan karena mereka yang melakukan kontak langsung, kontak erat dengan pasien. Karena berisiko tinggi, N95 pun lebih disarankan,” katanya dalam media briefing di Jakarta pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Sedangkan untuk katun, ini adalah masker yang berbahan kain dan bisa dicuci. Adib mengatakan bahwa masker jenis ini sangat tidak efektif untuk mencegah virus corona sebab memiliki efisiensi anti virus yang rendah.

“Bahannya juga tebal dan pengap. Jadi, selain tidak bisa menangkal virus, ini juga tidak nyaman digunakan dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Yang terakhir adalah masker bedah. Menurut Adib, ini adalah masker yang paling tepat untuk dipakai masyarakat. Ia menjelaskan masker ini memiliki kemampuan yang kuat untuk mencegah virus, disebabkan oleh tiga lapisan.

“Paling luar waterproof untuk mencegah percikan atau droplets masuk ke masker. Tengah untuk filtrasi dan menahan 90 persen virus. Dalam untuk absorbsi yang lembab dan basah. Ini sudah cukup sekali untuk masyarakat,” tuturnya

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
March 01, 2020 at 05:40AM
https://ift.tt/3ahim88

Jenis Masker yang Disarankan dan Tidak untuk Cegah Virus Corona - Tempo
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis Masker yang Disarankan dan Tidak untuk Cegah Virus Corona - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.