Search

Ini Jenis-Jenis Penyakit Paru Beserta Gejalanya - Okezone

PARU-PARU merupakan salah satu organ sensitif yang ada dalam tubuh manusia. Paru bisa rusak akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti karena kebiasaan merokok dan lain-lain.

Tentunya penyakit paru-paru yang ada di dunia memiliki banyak jenis dan gejala yang berbeda-beda. Lalu penyakit apa saja yang terkait dengan paru-paru?

1.Asma

 

Ilustrasi. Foto: Indiana Express

Terkadang asma bisa timbul secara tiba-tiba disebabkan karena adanya alergi. Selain itu asma juga bisa timbul akibat menurunnya imunitas tubuh sehingga mudah terserang penyakit tersebut.

Ahli Penyakit Paru Kronis dan Gangguan Imunologi, dr Theresia Sandra Diah Ratih MHA mengatakan, tanda-tanda anak terkena asma adalah bisa dideteksi dengan gejala batuk dan pilek secara terus-menerus. Ada juga tanda khusus yang terlihat seperti suara menyerupai kucing yang ada di dalam dadanya, contohnya ngik, ngik, ngik.

2.PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis)

 

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Spesialis Paru, Prof. Dr. dr. Faisal Yunus, Sp.P(K) FCCP menuturkan PPOK atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) adalah penyakit yang rata-rata menyerang usia tua dan sifatnya akan terus memburuk dari waktu ke waktu.

PPOK ini lebih mirip seperti asma, hanya saja dialami oleh orang di usia tua. PPOK tidak bisa sembuh dan sifatnya akan terus memburuk secara lambat.

Gejalanya adalah batuk yang berlendir, napas pendek, sesak napas, serta cepat lelah terutama saat melakukan aktivitas. Jika dibiarkan terus menerus, maka penyakit paru-paru ini bisa menimbulkan kecacatan bagi para penderitanya.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
February 02, 2020 at 04:00PM
https://ift.tt/36MVPhh

Ini Jenis-Jenis Penyakit Paru Beserta Gejalanya - Okezone
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Jenis-Jenis Penyakit Paru Beserta Gejalanya - Okezone"

Post a Comment


Powered by Blogger.