Search

Jenis-Jenis Disinfektan yang Ampuh Melawan Virus Corona dan Cara Membuatnya - Okezone Celebrity

MASYARAKAT Indonesia terus berupaya untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Salah satu caranya adalah membuat disinfektan yang efektif untuk membunuh bakteri dan virus.

Merangkum dari NBC News, Sabtu (21/3/2020), terdapat beberapa disinfektan yang efektif untuk digunakan untuk menangkal penyebaran berbagai virus dan bakteri, termasuk virus corona. Berikut ulasannya.

1. Sabun dan air

Meskipun terlihat tidak mewah, namun kombinasi dua campuran ini dapat bekerja dengan baik. Sabun dapat menghilangkan partikel virus yang menempel pada permukaan seperti tangan, wajah atau meja. Sementara air bisa menyapu virus dan bakteri hingga bersih.

Ahli kimia organik dan anggota American Chemical Society, Richard Sachleben mengatakan sebagian besar produk pembersih yang biasa disebut sabun, sebenarnya adalah deterjen yang tidak hanya mampu menghilangkan kuman yang menempel di permukaan, tapi juga membunuh mereka.

2. Pemutih

Profesor penyakit menular di University of Washington Medical Center, dr. Paul Pottinger, menyebut bahwa pemutih sangat efektif untuk membunuh virus corona. Bahkan hampir semua kuman yang ada di planet ini bisa mati dengan benda yang satu ini.

Kelemahannya adalah pemutih menimbulkan bau yang sangat tidak enak dan dapat merusak semua barang yang hendak Anda bersihkan.

3. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida tidak memiliki kekuatan seperti pemutih, sehingga lebih kecil kemungkinananya untuk menyebabkan kerusakan. Sayangnya cairan ini terbukti dapat menghitamkan beberapa kain.

4. Alkohol

Membersihkan benda menggunakan alkohol dengan kadar 70 persen akan membunuh virus corona dengan potensi kerusakan yang lebih kecil daripada pemutih. Anda bisa langsung menggunakannya dan jangan mengencerkannya.

Consumer Reports mengatakan alkohol yang digosok cenderung aman untuk semua permukaan benda, tetapi dapat menghitamkan beberapa benda yang terbuat dari plastik.

Di sisi lain Consumer Report mengatakan agar masyarakat tidak menggunakan cuka putih yang disuling atau vodka. Tidak ada bukti yang menyatakan kalau kedua cairan ini efektif untuk membasmi virus corona. Konsenterasi alkohol yang ada di dalam vodka tidak cukup tinggi untuk membunuh virus.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
March 21, 2020 at 01:15PM
https://ift.tt/2wqz5aW

Jenis-Jenis Disinfektan yang Ampuh Melawan Virus Corona dan Cara Membuatnya - Okezone Celebrity
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis-Jenis Disinfektan yang Ampuh Melawan Virus Corona dan Cara Membuatnya - Okezone Celebrity"

Post a Comment


Powered by Blogger.