Search

Kenali dan Waspadai, Ada 5 Jenis Pelecehan Seksual di Ruang Publik | merdeka.com - Merdeka.com

Kenali dan Waspadai, Ada 5 Jenis Pelecehan Seksual di Ruang Publik Ilustrasi pelecehan di tempat kerja. © Employees-lawyer.com

Merdeka.com - Pelecehan bisa terjadi kepada siapa saja dan di mana saja, termasuk di tempat umum atau lingkungan kantor. Masalahnya tak sedikit orang yang tidak memahami batasan antara perlakuan tidak menyenangkan dan pelecehan. Pengalaman tidak menyenangkan seperti digoda dengan siulan dari seberang jalan oleh orang tak dikenal pun ternyata juga termasuk pelecehan.

Alima jenis yang dijabarkan oleh Anindya Restuviani, Co-Director Hollaback! Jakarta, ruang yang memfasilitasi ruang aman bagi para korban dan mengedukasi masyarakat soal kekerasan dan pelehan seksual di ruang publik. Berikut ini penjelasannya.

1 dari 7 halaman

1. Pelecehan Fisik

"Pertama fisik, kita pasti tahu bentuknya seperti apa yaitu memegang, meraba," kata Anindya Restuviani saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menyentuh seseorang di bagian tubuh manapun tanpa persetujuan, apalagi jika menyebabkan orang yang bersangkutan merasa tidak nyaman merupakan bentuk pelecehan yang sering tidak disadari.

Beberapa orang mungkin menganggap memegang pergelangan tangan, meremas pundak, atau mengelus lengan adalah hal yang wajar. Namun perlakuan seperti ini harus dilakukan dengan persetujuan si pemilik tangan, pundak, atau lengan.

2 dari 7 halaman

2. Pelecehan Verbal

"Kedua seperti siul atau catcalling," lanjut Vivi, begitu dia biasa disapa.

Vivi memberi contoh situasi di kantor atau teman-teman yang suka bercanda berbau seksual, tetapi membuat seseorang tidak nyaman. Namun, terkadang seseorang tidak tahu jika itu termasuk pelecehan seksual.

3 dari 7 halaman

3. Pelecehan Mental

"Ketiga mental, salah satunya eksibisionis, ada juga yang melihat dari atas sampai bawah kesannya 'menelanjangi'. Itu tidak verbal atau fisik tapi membuat mental seperti 'ditelanjangi'" tambahnya.

Walaupun tak ada sentuhan fisik atau kata-kata tak pantas yang terlontar, memandangi seseorang dengan cara yang membuatnya tidak nyaman juga termasuk pelecehan.

4 dari 7 halaman

4. Pelecehan atau Kekerasan secara Ekonomi

Jenis keempat adalah kekerasan secara ekonomi. Jika di ruang publik, Vivi mencontohkan ada bos yang melakukan pelecehan seksual pada bawahnnya.

"Karena bawahan tidak berani melakukan sesuatu atau diancam, kalau tidak mau nanti dipecat," ungkap Vivi.

Adanya kekerasan seksual di ruang publik, dikatakan Vivi, akhirnya dapat membuat perempuan pergi bekerja dengan rasa was-was.

"Secara tidak langsung membatasi ekonomi dan mobilitas mereka bekerja," paparnya.

5 dari 7 halaman

5. Pelecehan di Dunia Maya

Sementara yang terakhir adalah kekerasan seksual di ranah digital atau online. Kata kuncinya adalah unwanted atau tidak diinginkan.

"Saat kita tidak nyaman dengan perilaku orang lain, itu sebetulnya sudah masuk dalam melecehkan, meski tak harus secara seksual," jelas Vivi.

6 dari 7 halaman

Langkah Suportif untuk Menyikapi: Jangan Salahkan Korban

Pelecehan dan kekerasan seksual di ruang publik memang dapat menimpa siapa saja dan di mana saja. Hal yang dapat dilakukan untuk membantu korban adalah mendengarkan cerita tanpa adanya penghakiman.

"Kalau misalnya teman-teman tidak berani untuk melawan, ya tidak usah dan tidak apa-apa karena bukan tanggung jawab dan kesalahan korban," jelas Vivi.

Bentuk self-care pun dikatakan Vivi dapat bermacam-macam. Adalah kembali meyakinkan jika itu bukan kesalahan korban. "Bisa di-assess dulu perasaan habis mengalami perasaan seperti apa, kaget, malu, sedih, marah, campur aduk," tambahnya.

7 dari 7 halaman

Laki-Laki pun Bisa menjadi Korban Pelecehan

Kekerasan seksual dialami oleh 80 persen perempuan dan 20 persen laki-laki.

"Tapi kalau kita lihat dari angka, pelaku 90 persen tetap laki-laki. Jadi, 20 persen laki-laki bisa jadi korban pelecehan oleh laki-laki juga," jelasnya.

"Edukasinya adalah perlakuan melecehkan tidak boleh dilakukan, baik pada laki-laki dan perempuan," kata Vivi.

Reporter: Putu Elmira
Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Polisi Buru Pelaku Pelecehan Seksual Anak di Yogyakarta
Iming-iming Uang Rp100 Ribu & Ancaman Membunuh, Kakek di OKI Cabuli 3 Siswi SMP
Viral Video Dugaan Pelecehan Anak di Gang Kawasan Umbulharjo Yogyakarta
ABG di Banyuasin Jadi Budak Seks Ayah dan Paman Sejak Kelas 4 SD

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
March 17, 2020 at 05:11AM
https://ift.tt/33mJ3pO

Kenali dan Waspadai, Ada 5 Jenis Pelecehan Seksual di Ruang Publik | merdeka.com - Merdeka.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali dan Waspadai, Ada 5 Jenis Pelecehan Seksual di Ruang Publik | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.