Search

Mengenal Kanker Tenggorokan Ibunda Jokowi, Yuk Ketahui Jenis-jenisnya! - Suara.com

Suara.com - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di Rumah Sakit TNI Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta pada Rabu (25/3/2020). Sujiatmi Notomiharjo meninggal di usia 77 tahun karena kanker tenggorokan.

"Benar. Beliau (Ibunda Jokowi) sudah lama sakit kanker tenggorokan," ujar Dini saat dikonfirmasi wartawan, Rabu kemarin.

Meninggalnya Ibunda Jokowi ini pun cukup menyita perhatian publik, termasuk penyakit kanker tenggorokannya. Kanker tenggorokan ini terjadi akibat sel-sel abnormal yang membentuk tumor ganas.

Menurut National Cancer Institute dilansir oleh healthline.com, kanker tenggorokan termasuk jarang dibandingkan kanker lainnya.

Sekitar 1,2 persen orang didiagnosis dengan rongga mulut dan kanker faring dalam hidupnya. Lalu, sebanyak 0,3 persen orang didiganosis menderita kanker laring dalam hidupnya.

Ilustrasi tenggorokan (shutterstock)
Ilustrasi tenggorokan (shutterstock)

Adapun dua jenis utama kanker tenggorokan yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Karsinoma sel skuamosa

Jenis kanker tenggorokan ini memengaruhi sel-sel yang melapisi tenggorokan. Jenis kanker tenggorokan ini sangat umum terjadi di Amerika Serikat.

2. Adenokarsinoma

Jenis kanker tenggorokan kedua ini lebih memengaruhi sel-sel kelenjar yang jarang terjadi. Ada pula dua kategori kanker tenggorokan, yakni kanker faring dan kanker laring.

Faring merupakan tabung berlubang yang membentang dari belakang hidung ke bagian atas batang tenggorokan.

Kanker faring yang berkembang di leher dan tenggorokan, termasuk kanker nasofaring (bagian atas tenggorokan), kanker orofaring (bagian tengah tenggorokan) dan kanker hipofaring (bagian bawah tenggorokan).

Sedangkan, kanker laring terbentuk di laring yang merupakan letak kotak suara Anda.

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
March 26, 2020 at 09:12AM
https://ift.tt/2Jgf61n

Mengenal Kanker Tenggorokan Ibunda Jokowi, Yuk Ketahui Jenis-jenisnya! - Suara.com
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Kanker Tenggorokan Ibunda Jokowi, Yuk Ketahui Jenis-jenisnya! - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.