Search

Sebelum Pakai Skincare, Ketahui Jenis Kulitmu! - Jawa Pos Radar Malang

RADARMALANGID – Kita sering menemui label produk skincare yang menunjukkan anjuran spesifik tentang penggunaan produk. Sebagian menyoroti penggunaan skincare untuk pemilik kulit berminyak, sebagian lainnya dipasarkan khusus untuk pemilik kulit kering.

Lalu, mana produk skincare yang biasanya kamu pilih? Eits, jangan sembarang membeli dan mengenakan produk tersebut sebelum memastikan jenis kulitmu ya. Pasalnya, tiap-tiap jenis kulit akan memiliki karakteristik dan perawatan yang berbeda-beda.

Mengetahui jenis kulit memang cukup tricky. Dikutip dari Bio Clarity (2/3), jenis kulit biasanya akan dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, rutinitas sehari-hari hingga faktor lingkungan juga bisa memengaruhi kulitmu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut Zetizen rangkum jenis-jenis kulit wajah dan tip perawatannya!

Kulit Normal
Dalam dunia dermatologis, kulit normal akan merujuk pada kulit yang tak begitu kering, berminyak ataupun sensitif. Tipe kulit ini memiliki toleransi tinggi dengan tak bereaksi berlebihan terhadap sebuah kondisi atapun produk yang digunakan. Karena perawatan kulit normal tak akan se-tricky jenis kulit lainnya, produk tabir surya bisa menjadi fokus utamamu dalam merawat kulit wajah.

Kulit Berminyak
Kult berminyak menjadi salah satu yang paling mudah diidentifikasi. Tipe kulit ini akan terasa lembab, berminyak, dan tampak bersinar meski belum lama cuci muka. Dahi, hidung, dan dagu menjadi bagian-bagian wajah yang paling “deras” akan minyak di wajah. Oleh karena itu, disarankan pemilik kulit berminyak tak banyak menggunakan produk pelembab atau krim yang tebal. Sebaliknya, kamu bisa gunakan produk dengan asam salisilat, yang biasa ada di pembersih, tisu wajah atau toner.

Kulit Kering
Jika kamu memiliki kulit kering, pasti kamu pernah merasa mukamu seolah kaku dan seperti ditarik. Selain itu, jenis kulit kering akan cenderung kusam karena terlapisi sel-sel kulit yang mati serta tak menampakkan pori-pori. Jenis kulit ini akan membuat pemilik wajah merasa tak nyaman selama tak dibantu oleh penggunaan pelembab. Selain itu, produk dengan tekstur yang lebih creamy juga sanggup diatasi dengan kulit kering. Untuk mencuci muka, hindari penggunaan facial wash berbasis foam dan pilih yang berbasis cleansing milk atau gel.

Kulit Sensitif
Kulit wajah sensitif seringkali ditandai dengan kemunculan jerawat, pori-pori tersumbat, dan gejala kemerahan dan iritasi. Karakteristik wajah normal, kering, berminyak, maupun kombinasi bisa saja dimiliki oleh kulit sensitif, namun mereka juga cenderung memiliki isu dengan kerentanan jerawat. Kondisi kulit ini akan lebih bila tak dipertemukan degan skincare berbasis kimia, namun lebih tepat jika dipasangkan dengan skincare berbahan alami.

Kulit Kombinasi
Tak ada definisi yang tepat untuk menggambarkan kulit kombinasi. Namun, bisa dibilang bahwa tipe kulit ini menampung dua karakteristik berbeda dalam wajah. Biasanya, pemilik kulit kombinasi akan menunjukkan karakteristik kulit berminyak di area T-zone dan karakteristik kulit kering di area wajah lainnya. Definisi lain mengatakan bahwa kulit kombinasi akan menjadi berminyak ketika musim panas dan terasa kering ketika musim dingin. Untuk mengatasinya, hindari penggunaan produk dengan parfum, gunakan bahan-bahan alami, dan kenakan dua jenis pelembab berbeda.

Meski telah yakin akan jenis kulit wajahmu, jangan cepat puas dan bertindak gegabah dalam memutuskan untuk menggunakan produk-produk skincare. Menurut dermatologis dan author ‘The Skin Type Solution’ Dr. Leslie Baumann, jenis kulit bisa berubah seiring waktu dan musim, seperti dikutip dari TODAY (2/3). Jadi, pastikan untuk mengidentifikasi jenis kulitmu secara berkala ya!

Penulis: Ananda Triana
Gambar: Lancer Skincare
Penyunting: Fia

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
March 02, 2020 at 11:01AM
https://ift.tt/2IaRX00

Sebelum Pakai Skincare, Ketahui Jenis Kulitmu! - Jawa Pos Radar Malang
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sebelum Pakai Skincare, Ketahui Jenis Kulitmu! - Jawa Pos Radar Malang"

Post a Comment


Powered by Blogger.