Search

Tambahan 2 Jenis Soal Bikin Bingung Pada Simulasi UNBK - Jawa Pos

Hal itu dibuktikan ketika simulasi hari terakhir kemarin (3/3), seperti di SMPN 1 Trenggalek. Pada soal mata pelajaran (mapel) matematika, setelah selesai mengerjakan, peserta diberi dua jenis soal tambahan. Soal tambahan tersebut seperti soal asesmen yang bersifat tematik dan soal survei karakter. "Saya kaget ada dua soal itu. Sebab, kemarin (Senin 2/3, Red) waktu simulasi UNBK hari pertama tidak ada, tapi di simulasi hari ini (kemarin, Red) ada," ungkap Awi Gesang Wijaya, salah satu peserta.

Dia melanjutkan, dengan adanya dua jenis soal tambahan tersebut, membuat dirinya dan teman-temannya resah. Sebab setelah menyelesaikan soal utama, dirinya harus mengerjakan soal tersebut. Belum lagi bacaan dalam soal asesmen cenderung panjang. Ditambah waktu yang mepet sehingga membuat para peserta harus secepatnya memutuskan jawaban. Apalagi dari 10 soal asesmen dengan bacaan yang rata-rata lebih dari satu layar komputer, peserta diberi waktu mengerjakan minimal 15 menit dan maksimal 30 menit. Belum lagi ada beberapa soal uraian yang memerlukan jawaban penjelasan sehingga membuat peserta harus mengetiknya dan tentunya sangat memakan waktu. "Jika dibagi, setiap soal kami hanya diberi waktu tiga menit untuk mengerjakan. Makanya dengan bacaan yang panjang dan butuh penalaran, pastinya sangat sulit. Sedangkan untuk soal survei karakter cukup normal. Sebab, soal tidak terlalu panjang, sedangkan waktunya 30 menit untuk 13 soal. Jadi cukup," jlentrehnya.

Sementara itu, salah satu proktor SMPN 1 Trenggalek, Asrori mengaku, dua soal tambahan tersebut merupakan hal yang pertama. Kemungkinan itu diadakan guna uji coba pengganti UNBK di tahun ajaran depan (2020-2021, Red). "Ada wacana ini adalah UNBK terakhir dan nanti akan diganti dengan menjawab soal semacam itu. Jadi kemungkinan dua jenis soal tersebut tidak ditampilkan dalam UNBK tahun ini," ujarnya.

Sedangkan terkait pelaksanaan UNBK dan peraturan sendiri, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun yang berbeda adalah tampilan pada layar CBT. Sebab, ada letak beberapa ikon yang diubah agar peserta atau petugas lainnya tidak bosan. "Secara garis besar hampir sama seperti tahun lalu pada prosesnya. Sehingga kami telah terbiasa mengatasi jika ada masalah dalam hal pelaksanaan," jelasnya.

(rt/zak/rak/dre/red/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"jenis" - Google Berita
March 04, 2020 at 04:45PM
https://ift.tt/32NkHFk

Tambahan 2 Jenis Soal Bikin Bingung Pada Simulasi UNBK - Jawa Pos
"jenis" - Google Berita
https://ift.tt/2Mt5ZeO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tambahan 2 Jenis Soal Bikin Bingung Pada Simulasi UNBK - Jawa Pos"

Post a Comment


Powered by Blogger.